FIN UNUSIA
Warta

FIN UNUSIA Menggelar Ujian Terbuka Perdana Mahasiswa Asal Lombok

foto bersama seusai sidang tertutup

Jakarta, 19 Agustus 2022

Mahasiswa Fakultas Islam Nusantara Universitas Nadhlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta menggelar ujian tertutup disertasi mahasiswanya. Muslihan, mahasiswa asal Lombok mengangkat disertasinya dengan judul judul penelitian: Kontribusi Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan Terhadap Perubahan Sosial di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Studi Tentang Ajaran dan Ritualnya).

Ujian disertasi ini Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj menjadi penguji satu dalam disertasi yang digelar di aula lantai 4 kampus UNUSIA di Matraman Jakarta Pusat ini digelar pada hari Jumat 19 Agustus 2022. Penguji kedua adalah Prof. Dr. Dudung Abdurrahman, MA, dan Hamdani, Ph.D bertindak sebagai penguji ketiga. Adapun Dr. Ahmad Suaedy, MA.Hum selaku Dekan Fakultas Islam Nusantara menjadi ketua tim penguji dan Dr. Maria Ulfah, Ketua Program Studi Doktor (S3), menjadi sekretaris tim penguji.

Dalam disertasinya, Muslihan mengulas tentang sejarah perkembangan dan hirarki serta pola penyebaran tarekat Hizib Nahdlatul Wathan, aspek ajaran dan ritualnya, serta karakteristik dan kontribusi tarekat tersebut bagi perubahan sosial di Lombok, NTB. Disertasi ini dibimbing di bawah Prof. Dr. Sri Mulyati sebagai promotor dan Dr. Ali Abdilla sebagai ko-promotor.

Seusai pemaparan promovendus, para penguji dan juga promotor serta ko-promotor memberikan tanggapan, komentar, dan juga kritik terhadap temuan hasil penelitian promovendus. Ujian disertasi atas nama Muslihan ini menjadi ujian tertutup pertama bagi Fakultas Islam Nusantara UNUSIA Jakarta.  

Related posts

Diskusi Jalur Rempah: Jalur Rempah Sumbangan Budaya Nusantara bagi Budaya Dunia

Deni Hamdani

Debat Akademik Islam Nusantara (Seri IV)

Admin FIN

Lecture II Kosmopolitanisme Islam Nusantara: Tradisi dan Jaringan Sufisme di Jalur Rempah

admin